Logistic

5 Tips Mengoptimalkan Pengelolaan Gudang

Warehouse
Ilustrasi

Gudang yang terkelola dengan efisien dan sistematis sangat besar dampaknya terhadap kecepatan dan keakuratan pengiriman.

Dengan tingginya kegiatan keluar masuk barang, tingkat kesulitan pengelolaan gudang biasanya turut meninggi. Berikut lima cara yang dapat diaplikasikan agar kegiatan harian tersebut terhindari dari kekacauan dan kesalahan, sehingga pada akhirnya membuat kinerja gudang menjadi lebih efisien dan lebih produktif.

Tata Letak Terkoordinasi

Gudang yang tidak tertata dan terkelola dengan baik merupakan faktor utama ketidak efisienan gudang. Untuk itu, aturlah tata letak gudang, misalnya berdasarkan popularitas barang, tingkat penggunaan, dan masa kadaluarsa. Barang-barang dengan kategori tersebut dapat ditempatkan di bagian depan gudang. Sementara barang-barang yang tidak masuk dalam kategori tersebut dapat ditempatkan di bagian belakang.

Bila perlu gunakan metode 5S dari lean manufacturing untuk memastikan workstation terorganisir dengan baik. Kelima S itu adalah Sort, Set-in order, Shine, Standardize, dan Sustain.

Sistem Pencatatan

Sistem penyimpanan yang baik akan optimal bila didukung sistem pencatatan barang yang teruji ketepatannya. Dengan sistem pencatatan atau dokumentasi yang benar dan akurat, terutama pada saat masuk keluar barang, dapat menghindari gudang dari kemungkinan kehilangan atau pencurian barang.

Tidak ada salahnya untuk meminta vendor mengirimkan barang sesuai dengan sistem pencatatan barang masuk keluar yang terstandarisasi di gudang kita. Ini penting untuk menghindari risiko kesalahan sedari mula, serta mempermudah proses penyimpanan di gudang segera setelah barang tiba.

Manfaatkan Teknologi

Di era digital ini, sudah sepantasnya kita mengadopsi dan memanfaatkan teknologi untuk kegiatan di gudang. Warehouse Management System (WMS) atau ERP dengan modul WMS yang canggih dapat meningkatkan ketetapan pengambilan atau penyimpanan barang. Kelebihan lainnya, ini dapat mengurangi penggunaan kertas, bahkan memungkinkan kita mengetahui keberadaan dan kondisi barang dengan lebih cepat secara digital.

Dipadukan dengan keberadaan Robotic Process Automation (RPA), Material Handling System (MHS) seperti conveyor otomatis, dengan Radio Frequency Identification (RFID), kecepatan dan akurasi penyimpanan dan pengambilan barang akan jauh lebih efisien dan manajamen pengelolaan gudang menjadi lebih efektif.

Pekerja Terpercaya Berkompetensi

Keberadaan teknologi tidak lalu menghilangkan kehadiran tim atau personil yang mengelola gudang. Untuk itu, di sini diperlukan pekerja-pekerja yang memahami dengan baik tentang sistem pengelolaan gudang serta dapat memanfaatkan teknologi yang diaplikasikan di gudang.

Selain itu, pilihlah pekerja yang terpercaya dengan integritas dan kinerja baik, karena hanya dalam pengawasan mereka, operasional gudang sehari-harinya berada.

 Transportasi yang Dapat Diandalkan

Setelah seluruh pengelolaan gudang dapat di-manage dengan baik, jangan lupakan faktor transportasi. Transportasi yang tidak dapat diandalkan berpengaruh besar terhadap kualitas keseluruhan layanan gudang. Pastikan kita memiliki sistem transportasi yang baik untuk memastikan setiap pengiriman dilakukan tepat waktu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Petro Updated

To Top
Translate »